Rabu, 15 Januari 2014

MATERI BLOG ( PART III ) macam - macam blog


1.  Menurut Situs Penyedia :

a.    Wordpress.com


Situs yang menyediakan blog berkapasitas sekitar 50 MB ini memang cukup terkenal dan banyak
digunakan. Alasan mereka yang menyukainya adalah tampilannya yang simpel dan mudah dipakai, tetapi tetap didukung oleh fasilitas yang lebih lengkap dan bisa lebih dikreasikan.
Fasilitas atau fitur-fitur yang ada di Wordpress dapat dikatakan relatif lengkap. Ada fitur upload file (dengan format file pdf, doc, jpg, exe dll.), pembuatan blogroll, penggantian theme/plugin, multiuser dan lainnya. Selain yang beralamat di wordpress.com, ada juga yang beralamatkan wordpress.org.
Yang membedakannya adalah jika di wordpress.com Anda cukup Sign up dan mengikuti proses pendaftaran yang cepat dan mudah secara online, sedangkan di wordpress.org Anda harus mengunduh dulu dan melakukan instalasi di web server yang Anda miliki sendiri. Kelebihannya adalah Anda bisa melakukan /edit theme/ yang digunakan dan dapat menambahkan berbagai plugin dari internet. Hal yang tak bisa Anda lakukan di wordpress.com.

b.    Blogger.com


 Situs besutan perusahaan besar, google, ini terbilang sangat terkenal dan sangat banyak peminatnya. Jika mendaftar disini Anda akan mendapatkan alamat blog berakhiran blogspot, misalnya, nama-anda.blogspot.com. Fitur yang mudah digunakan mungkin menjadi alasan mengapa banyak orang kepincut untuk membuat blog di sini.

Blogspot mendukung Java Script sehingga Anda dapat memperindah blog dengan widget dan tool di bagian sidebar atau bawah. Misalnya menambahkan Shoutbox, tampilan jam, page range dan lainnya. Anda juga dapat memanfaatkannya untuk program iklan seperti google adsense dan sebagainya.
Bagi para web master atau yang ahli dalam pembuatan web, mungkin blogspot atau blogger.com tidak begitu menarik karena fasilitas yang ada tidak memungkinkan untuk di edit lebih jauh. Tapi, bagi kebanyakan orang awam, blogspot sangat memudahkan. Anda dapat modifikasi template, Anda dapat mengunduh ribuan free template secara gratis yang ada di internet. Atau dapat mengubahnya sesuai kemauan Anda.

c.    Multiply.com


Blog dari penyedia blog kali ini lebih mudah digunakan. Anda tinggal posting sesuai kategori yang juga sudah disediakan, seperti memposting foto, tulisan, video, link/ tautan, resep dan lainya.
Menyediakan fitur  “ Guestbook ” (buku tamu) dan  “ comment “ di akhir setiap postingan, sebagai media penghubung antar warga multiply. Ada pula fitur “ Viewing History “, agar Anda bisa melihat siapa saja (member multiply) yang telah mengunjungi blog Anda. “ Contacts “ atau teman dan “ Groups “ Anda di multiply dapat saling terhubung dan menjadi list contacts seperti di situs jejaring sosial.
 Karena multiply membakukan tampilan blog nya, maka bagi Anda yang suka utak-atik blog mungkin akan kurang menyukainya. Anda hanya bisa mengganti dengan template atau skin yang telah tersedia.

d.    Blogsome.com


Blogsome pun mirip dengan wordpress, tetapi memberikan halaman admin yang lebih sederhana. Boleh dikata blog ini adalah turunan dari wordpress, dengan berbagai pengurangan dan penambahan. Sedikit kekurangannya adalah ketersediaan template yang masih terbatas.

e.      Webnode.com




Dari macam-macam blog yang ada, boleh jadi webnode inilah yang lebih memiliki kelengkapan fitur. Kelebihan webnode ini adalah menggabungkan sejumlah fitur yang tersedia di blogger.com dan wordpress.com. Memberikan kemudahan posting seperti multiply, tetapi juga bisa memasukkan widget untuk kode html. Hanya saja template yang tersedia terbatas dan tidak bisa memodifikasinya.

Masih banyak blog yang bisa Anda temukan. Ada yang simple dan bisa langsung dipakai setelah mendaftar, seperti Tblog.com, Blogster.com, iBlog.com, Blogdrive.com, Blogspirit.com, atau blog buatan negeri sendiri Blogdetik.com. Terdapat pula yang mesti diunduh dan dipasang di web server seperti wordpress.org tadi, Movable Type, SBlog, atau BBlog.

 Anda tak perlu bingung memilih macam-macam blog, tentukan saja yang mana saja, yang paling penting bukan penyedia blognya, tetapi kegiatan bloggingnya. Apalagi jika Anda belajar di www.asianbrain.com, di samping belajar membuat blog dengan mudah, Andapun dapat mempelajari bagaimana mengoptimalkan blog sehingga bernilai ekonomis.

2.   Menurut  jenisnya :

      a.    Blog pribadi
Merupakan blog paling populer digunakan seseorang agar dapat tampil dan       menjalin hubungan di internet. Blog merupakan catatan pribadi tempat curahan perasaan dan pemikiran si pemilik blog yang dapat diakses oleh siapapun. 
b.    Blog budaya
Merupakan blog yang membahas informasi seputar musik, seni, teater, dan berbagai budaya lainnya.
c.    Blog topical
Merupakan blog yang fokus pada topik-topik tertentu. Topik yang dibahas biasanya merupakan topik sedang hangat dan segar. Sebagai bahan untuk membuat blog ini biasanya didapat dari perkembangan berita  sehari-hari diseputar kita.
d.   Blog bisnis
Merupakan blog yang membicarakan informsi seputar pasar saham dan berbagi topik bisnis lainnya yang masih berkaitan dengan masalah ekonomi dan bisnis. Topik yang dapat dibahas dalam ini dapat saja seputar bisnis offline maupun bisnis online.
e.   Blog ilmu pengetahuan
Biasanya digunakan untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan masalah ilmu pengetahuan.
f.    Mobile Blog
Merupakan jenis blog yang berisikan informasi seputar perangkat bergerak (mobile). Hanphone, camera, computer, dll yang masih merupakan trend masa kini dibahas di blog ini.
g.    Blog kolaboratif
Merupakan jenis blog hasil kerjasama dengan pihak lain. Setiap ide didalamnya, perkembangan, masalah dan berbagai hal yang berhubungan dengan kerjasama di tulis pada jenis blog ini.
h.    Blog penjualan/Pemasaran
Anda bisa menjual berbagai produk melalui blog. Silahkan tawarkan produk Anda pada blog Anda sendiri asal jangan blog orang lain.
i.    Blog Forum
Merupakan jenis blog yang biasa digunakan untuk menjadi forum di internet. Blog Ini dapat digunakan untuk menggantikan peran forum yang selama ini kita gunakan. Namun, forum yang biasa memiliki fitur yang lebih baik daripada blog forum.
j.    Blog Direktori
Merupakan jenis blog yang digunakan sebagai direktori blog-blog yang ada.

3. Menurut tipenya :

      1. Blog Politik (PoliticalBlogs)
Blog politik memiliki beberapa bentuk. Bentuk yang paling sering dipakai adalah seorang blogger akan melakukan link ke artikel dari berita suatu website dan kemudian mem-posting komentar mereka. Sedangkan yang lainnya, lebih berfokus pada esai mengenai topic politik. Faktanya, trend blog politik digunakan untuk melakukan kampanye politik, dalam rangka mencoba memasukkan blog ke dunia politik, seperti yang terjadi pada pemilihan presiden Amerika baru-baru ini.

2. Blog Personal (PersonalBlogs)
Blog ini pada umumnya digunakan untuk mendeskripsikan sebuah diary atau jurnal online, seperti Xanga. Format weblog diary online ini memberikan kemudahan bagi user, tanpa perlu memiliki pengalaman dalam membuat, memformat, dan mem-posting masukan ke blog. User dapat menulis kejadian sehari-hari, komplain, puisi, prosa, ide pikiran, dan masih banyak lagi, juga memperbolehkan user lain untuk ikut berkontribusi di dalamnya.

3. Blog Bisnis (BussinessBlogs)
Sebuah blog yang digunakan oleh pengusaha untuk mempromosikan bisnis mereka. Seringkali blog bisnis berlaku sebagai aksi promosi pengusaha untuk menyediakan gambaran aktivitas di belakang bisnis mereka, seperti pada blog personal. Dalam beberapa kasus blog bisnis juga dilengkapi dengan iklan, penjualan produk, atau informasi.

4. Blog Topik (TopicalBlogs)
Blog topic lebih berfokus pada hal-hal yang khusus. Sebagai contoh, seperti blog Google, atau blog prajurit atau blog militer (milblog). Banyak blog memperbolehkan banyak kategori, dimana sebuah blog umum dapat diganti menjadi blog topic sesuai keinginan user.

5. Blog Kesehatan (HealthBlogs)
Blog ini ditulis sebagai account personal dari isu-isu kesehatan, berbagai informasi dengan user lain mengenai kesehatan. Kategori blog dalam blog kesehatan ini seperti blog medis, yang juga terbagi dalam dua kategori. Tipe pertama adalah blog yang ditulis oleh professional kesehatan mengenai pekerjaannya, berita kesehatan atau ide user lain. Kemudian tipe berikutnya berupa kasus pasien, yang memperbolehkan dokter untuk memasukkan kasus pasien ke website. Dokter juga dapat memberikan komentar atau ikut memecahkan kasus tersebut.

6. Blog Kesusasteraan (litblog)
Blog ini merupakan blog yang berfokus kepada topic suatu literature. Terdapat komunitas litblog dalam blogosphere dimana pengarang dapat memasukkan berbagai subtopic yang berkaitan dengan literature atau sastra. Litblogger dapat menulis mengenai industri percetakan, artikel, fiksi, puisi, jurnal literature, diary pembaca, kritikan, jenis literature seperti fiksi dan misteri.

7. Blog Perjalanan (TravelBlogs)
Banyak pengembara yang menulis perjalanan mereka ke dalam paper. Dengan blog ini, mereka dapat menuangkan idenya, atau berbagai foto dan cerita, bahkan ketika mereka sedang traveling ke seluruh dunia.

8. Blog Penelitian (ResearchBlogs)
Blog ini mengkombinasikan catatan sekolah dan blog siswa ke notebook pribadi dengan faslitas diskusi public. Blog ini menangani lebih ke arah yang berkaitan dengan akademis.

9. Blog Hukum (LegalBlogs)
Blog ini merupakan blog pengacara atau mahasiswa hukum, yang di dalamnya terdapat hasil diskusi mengenai hukum, sehingga sering disebut ‘blawgs’. Para blawgger dapat mem-posting komentar legal dan analisis kasus yang ada di blog mereka.

10. Blog Pendidikan (EducationalBlogs)
Pengguna blog ini adalah para siswa, yang belajar mengenai materi pelajaran tertentu di blog, ketika guru mereka telah mencatatkan materi pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa menggunakan blog. Sebagai contoh, kursus online dan pemberian pekerjaan rumah dari guru untuk siswa. Keuntungan penggunaan blog ini adalah siswa dapat belajar dengan cepat jika mereka ketinggalan kelas. Selain itu, guru juga dapat merencanakan, materi dengan mudah, dan blog ini dapat membantu guru membuat kesimpulan hasil belajar siswa yang akurat.
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar