Selasa, 05 Februari 2013

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terdeteksi




Ini saya postingkan beberapa cara untuk memperbaiki flash yang tidak terdeteksi.

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terdeteksi




cara pertama :

Install Driver USB

Permasalahan yang terjadi biasanya karena driver usb belum diinstal, hal ini terjadi biasanya setelah komputer di instal ulang ( inul ), biasanya driver usb juga ikut terformat, dan untuk mengembalikannya kita harus mengsintall kembali drivernya.

Disable Device Manager

Permasalahan kedua adalah device manager yang di disable, jika begini kita harus mengembalikannya menjadi enable, untuk mengembalikannya yang harus kita lakukan adalah klik kanan MyComputer > properties > pilih tab hardware > device manager. Klik tombol (+) untuk membuka disk drive yang ada, kemudian pada drive yang ada tanda silang merah klik kanan kemudian pilih enable.

Menggunakan Software

jika ke dua cara diatas tidak berhasil, kita menggunakan cara terakhir untuk memperbaiki flashdisk yang tidak dapat terbaca komputer ini dengan software HP USB Disk Storage Format Tool yang bisa sobat download disini software ini bersifat gratis, jadi sobat tidak perlu membeli atau mencari sn nya, tetapi kelemahannya jika sobat menggunakan software ini adalah, data yang ada didalam flashdisk ikut terhapus. Karena software ini memperbaiki sekaligus memformat flashdisk.

cara ke 2 :

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terdeteksi

  1. Download HP USB Disk Storage Format Tool disini
  2. Ekstrak dan install program HP USB Disk Storage Format Tool tersebut.
  3. Masukkan Flashdisk ke port USB komputer
  4. Jalankan aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool
  5. Tentukan drive tempat Flashdisk yang terbaca 0 byte tersebut terpasang,
  6. Pilih File System yang diinginkan, Flashdisk umumnya diformat dengan File system FAT32.
  7. Klik Start untuk mulai memformat Flashdisk tersebut.
  8. Apabila muncul jendela peringatan, klik saja Yes.
 cara ke 3 :

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terdeteksi

1. Coba dulu di PC yang lain. Siapa tau yang rusak itu bukan flashdisk kalian, melainkan USB port yang ada di PC kalian.

2. Konflik system hardware. Ada kalanya kerusakan karena konflik pada system komputer sehingga komputer tidak dapat mendeteksi keberadaan flashdisk. Ini ditandai dengan flashdisk terdeteksi tapi tidak terbaca di komputer. Cara memperbaikinya adalah dengan colokkan usb flashdisk ke komputer dan restartlah komputer. Jika setelah restart komputer, usb flashdisk masih tetap tidak terbaca, masuk ke Control Panel dan pilih uninstall usb drive. Caranya klik Start -> Control Panel -> System Setelah System terbuka, pada tab hardware, klik device manager dan cari tulisan Universal Serial Bus Controller. Cari hardware yang bertanda kuning. Jika ada klik hardware tersebut dan klik uninstall lalu restart kembali PC kalian.

3. Jika cara di atas telah di lakukan, namun flashdisk tersebut masih belum juga bisa di baca. Maka besar kemungkinan adalah kerusakan hardware. (Karena mungkin kalian sebelum mencabut flashdisk tidak meng-eject terlebih dahulu dan langsung main cabut)

4. Jenis kerusakan lain pada USB adalah setiap kali di klik, maka timbul tulisan format flashdisk. Jika ini yang timbul, maka caranya adalah klik format untuk memformat flashdisk tersebut.

5. Apabila cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca diatas belum berhasil semua, terpaksa kalian harus membeli yang baru lagi.

0 komentar:

Poskan Komentar